5 Jenis Usaha Jasa Percetakan Murah

Kata percetakan tentunya memiliki arti yang sangat luas. Banyak orang yang hanya mengetahui jika usaha percetakan hanya seputar pembuatan undangan, kartu nama, kop surat dan hal-hal semacam itu. Padahal sejatinya jasa percetakan murah mempunyai berbagai macam ragam jenisnya. Digital Printing dan juga Offset adalah dua jenis percetakan yang sering terdengar di telinga orang awam. Padahal setidaknya ada 5 jenis percetakan yang ada di pasaran yang perlu kita ketahui. Nah apa saja 5 jenis percetakan tersebut? berikut ulasannya.

  1. Digital Printing

Digital printing adalah salah satu jenis jasa percetakan murah yang paling sering terdengar dan paling awam di masyarakat. Di setiap kota di Indonesia hampir semuanya mempunyai usaha digital printing ini. Digital Printing umumnya digunakan untuk membuat spanduk, banner, sticker, mug, brosur, kartu, dan juga undangan. Digital printing mempunyai kelebihan yaitu dapat melayani pemesanan dalam jumlah yang relatif kecil bahkan satuan.

  1. Offset Printing

Offset printing adalah percetakan yang lebih condong untuk melayani pembuatan atau pencetakan yang bermedia kertas. Biasanya offset printing melayani pembuatan brosur, kop surat, amplop, majalah, kardus kue, dan juga paper bag. Mesin yang digunakan di offset printing juga berbeda dengan mesin digital printing. Offset printing sangat cocok untuk mengerjakan pencetakan dalam jumlah yang besar, karena biaya yang dikeluarkan akan semakin murah jika jumlah produk yang dicetak semakin banyak. Mesin offset memang didesain untuk pengerjaan mencetak dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus.

  1. Sablon

Sablon adalah salah satu teknik yang banyak dikenal masyarakat. Sablon adalah teknik manual menggunakan tenaga manusia untuk mencetak diatas screen menggunakan tinta. Media sablon bisa menggunakan kain, kertas ataupun plastik. Teknik yang digunakan juga berbeda-beda tergantung dari media yang digunakan. Namun sekarang ini teknik sablon mulai dikembangkan agar lebih efisien.

  1. Rotogravure

Rotogravure mungkin terdengar asing di telinga masyarakat. Rotogravure merupakan salah satu jenis jasa percetakan murah yang menggunakan mesin untuk mencetak dalam jumlah besar dan menggunakan media plastik. Teknik rotogravure sendiri ada dua macam yaitu mencetak langsung diatas media plastik dan juga mencetak dengan teknik laminasi. Contoh teknik laminasi adalah kemasan mie instan dan juga gula pabrikan.

  1. Flexo

Flexo adalah teknik mencetak dengan menggunakan mesin namun berbahan baku berbentuk roll bukan lembaran. Jika di digital dan offset printing biasanya menggunakan media berupa lembaran berbeda dengan flexo. kelebihan flexo adalah penggunaan bahan tinta yang jauh lebih sedikit sehingga menghemat bahan baku. Contoh dari percetak flexo adalah, mencetak Koran, kardus, ataupun wall sticker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *