Jenis Baja Ringan yang Populer di Dunia Konstruksi

Baja ringan atau baja karbon saat ini menjadi salah satu material yang  banyak digunakan untuk keperluan konstruksi. Di dunia konstruksi, ada beberapa jenis baja karbon yang digunakan. Setiap jenis baja tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya

Bondek

Bondek merupakan salah satu jenis baja ringan yang ada di pasaran tempat jual baja ringan. Ini merupakan pelopor dari decking. Baja bondek biasanya digunakan untuk bekisting atau tulangan positif satu arah. Penggunaan bondek memiliki keuntungan dapat mempercepat proses pengerjaan pembuatan dan pembongkaran.

Untuk konstruksi beton, bondek juga tergolong mudah dipasang baik untuk konstruksi beton maupun baja. Jenis baja bondek juga dapat digunakan langsung untuk plafon yang lebih awet dan tahan lama. Penggunaan bondek dapat membuat bangunan terlihat lebih rapi.

Bondek dan berbagai jenis baja lainnya harus melalui berbagai tahap uji lebih dulu. Tahap uji yang pertama adalah loading dan uji lentur. Kemudian ada uji kebakaran. Setelah itu, bondek dapat dipasarkan dan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan konstruksi. Gedung atau rumah hunian yang menggunakan bondek bisa lebih awet dan tahan terhadap kebakaran

Spandek

Selain bondek, masih ada banyak lagi jenis baja lainnya yang sering digunakan di dunia konstruksi ,salah satunya adalah spandek. Jenis baja tersebut digunakan untuk penutup atau dinding bangunan modern. Pemasangan spandek dapat menegaskan unsur keindahan, kerapian, dan estetika. Apalagi spandek hadir dengan bentuk bergelombang. Baja spandek sangat cocok untuk atap atau dinding bangunan industri, perumahan, dan bangunan komersial.

Spandek memiliki kelebihan mudah dipasang dan proses pengerjaannya cepat. Bentuk spandek berupa lembaran sehingga mudah dipasang. Di Australia, jenis spandek sudah sangat populer dan kini juga diminati di Indonesia. Spandek terbuat dari baja zincalume yang termasuk jenis baja dengan kandungan aluminium seng, dan silikon. Komposisi bahan yang tepat dan akurat membuat sandek mampu menjadi dinding atau atap yang tahan terhadap korosi hingga 5 kali dibandingkan jenis baja lain sekelas galbani.

Dengan teknologi saat ini yang semakin canggih, jenis baja seperti spandek juga telah hadir dalam beberapa warna, tergantung dari produsen spandek. Baja spandek yang berkualitas menggunakan metode pengecatan berteknologi tinggi dan hasilnya lebih tahan terhadap korosi selain dapat mempertahankan kualitas cat pada baja yang terkena panas dan hujan.

Truss

Rangka atap baja ringan saat ini telah populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penggunaannya cocok untuk perumahan, gedung komersial, maaupun industri. Jenis baja untuk atap pun kian beragam, salah satunya adalah truss. Bahan utama truss adalah zinc aluminium yang telah diberi lapisan anti karat dan memiliki kandungan silikon di dalamnya. Sama seperti bondek dan spandek, truss juga mudah dipasang dan dibongkar kembali. Truss memiliki struktur yang kuat dan tahan lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *