Kenali Ciri-Ciri Travel Umroh Yang Bermasalah

Umroh adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang tata pelaksanaannya hampir sama dengan ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu poin yang ada dalam rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi mereka yang mampu dari segi fisik dan material. Dalam memaksimalkan nya anda dapat menggunakan travel umroh terbaik. Meskipun begitu, karena masa tunggu ibadah haji yang relatif lama membuat ibadah umroh lebih diminati oleh kaum muslimin agar bisa merasakan pengalaman ibadah di Masjidil Haram. Tingginya minat masyarakat untuk beribadah umroh membuat para penyelenggara travel umroh semakin banyak bermunculan. Bahkan ada beberapa travel umroh yang dianggap bermasalah. Agar Anda tidak tertipu maka berikut akan diulas beberapa ciri-ciri travel umroh yang bermasalah, yaitu:

Tidak Memiliki Izin Resmi Dari Kemenag

Travel umroh yang bermasalah pertama bisa dikenali dari izin resminya. Apabila travel umroh tidak memiliki izin operasional dari kementerian agama untuk menjalankan biro maka sebaiknya Anda mewaspadai travel umroh tersebut. Sebab kemungkinan besar travel umroh yang dijalankan tersebut dengan cara ilegal. Dan dana ataupun uang jamaah untuk perjalanan umroh akan dimasukkan ke dalam rekening  pribadi, tanpa adanya laporan yang diserahkan ke kementerian agama.

Travel Umroh Masuk Ke Dalam Daftar Hitam Kemenag

Perlu diketahui, sebelum memilih travel umroh ada baiknya Anda memastikan travel tersebut tidak masuk ke dalam daftar hitam kementerian agama. Untuk memastikan travel umroh tidak masuk dalam daftar hitam maka Anda bisa mengunjungi website resmi dari kemenag. Apabila travel umroh tersebut masuk ke dalam daftar hitam maka menandakan jika agen yang menyelenggarakan travel tersebut bermasalah. Daftar hitam ini sangat berguna bagi calon jamaah agar bisa terhindar dari kasus penipuan.

Tidak Ada Kantor Atau Lokasi Palsu

Jika Anda memperoleh penawaran paket umroh dari brosur iklan yang menurut Anda menarik, sebaiknya Anda memastikan apakah travel tersebut memiliki tempat atau kantor. Selanjutnya Anda bisa mengecek alamat kantor tersebut apakah sesuai dengan perusahaan travel umroh tersebut dan lengkap dengan surat izinnya. Hal ini penting diperhatikan agar Anda tidak memberikan uang kepada perusahaan yang tidak jelas dan tidak memiliki kantor resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *