Bagaimana Sih Hubungan E – commerce dengan Supply Chain Mangement?

E – commerce merupakan hal yang tidak asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Apalagi yang berhubungan dengan e – commerce supply chain management dimana ini merupakan suatu jenis rantai supply berupa arus material, informasi, uang serta jasa dari bahan – bahan mentah oleh para supplier barang melalui pabrik juga gudang agar sampai kepada para konsumen. Lalu, bagaimana sih hubungan antara supply chain management dengan e – commerce?

Supply chain management digunakan pada suatu e – commerce dan dibagi menjadi 3 bagian, dimana :

  1. Upstream supply chain
  2. Internal supply chain
  3. Downstream supply chain

Nah, supply chain management ini nantinya akan digunakan dalam e – commerce dan berguna untuk menyelaraskan serta menggabungkan kerja  beberapa rekan bisnis, beberapa departemen pada suatu internal perusahaan, beberapa proses yang berhubungan dengan kelangsungan bisnis, serta jumlah banyaknya pelanggan. Nah, untuk me-manage rantai suplai dari tingkat sedang atau medium  menjadi lebih besar secara manual atau tanpa menggunakan teknologi  tentunya akan sangat mustahil untuk dilakukan. Kebutuhan  utama pada perusahaan tingkat sedang ke tingkat yang besar akan berpindah kepada EC, yaitu sebuah integrase antara web dan juga solusi pada suatu ERP, MRP, dan juga SCM.

Selain itu, e – commerce supply chain management merupakan suatu penggabungan dari teknologi guna meningkatkan operasi dari suatu kegiatan e – commerce supply chain management sebaiknya. Untuk keberhasilannya sendiri, tergantung kepada beberapa hal, antara lain :

  • Kemampuan para rekan dalam menunjukkan suatu kolaborasi sebagai suatu aset strategis
  • Visibilitas informasi
  • Layanan kecepatan, biaya, dan juga konsumen
  • Mengintegrasikan rantai supply agar bisa lebih ketat.

Untuk hubungannya sendiri terdapat pada teknologi yang mampu menyediakan suatu solusi pada suatu rangkaian persediaan, solusinya antara lain :

  • Pemesanan yang dilakukan pada internet
  • Pemenuhan pesanan yang dapat dilakukan dengan cara yang instan
  • Pembayan secara elektronik yang mempercepat pemenuhan pesanan serta periode pembayaran
  • Perdagangan yang mengusung unsur kolaboratif di berbagai tempat
  • Serta inventori dapat diminimalkan dengan cara memperkenalkan proses- proses suatu jenis produksi berdasarkan permintaan serta menyediakan segala informasi yang tentunya cepat, akurat, dan aktual kepada supplier dan pihak lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *