Prinsip Kerja dan Kelebihan serta Kekurangan Solar Cell

Sebagai penghasil energi listrik dari sinar matahari maka banyak yang ingin tahu mengenai prinsip kerja dan berbagai kelebihan serta kekurangan solar cell Indonesia tersebut. Berikut ini adalah pembahasannya.

Prinsip Kerja Solar Cell

Sinar matahari itu tersusun dari beberapa partikel kecil yang lantas disebut sebagai foton. Pada saat matahari itu bersinar maka foton yang adalah merupakan partikel dari sinar matahari itu akan menabrak atom semikonduktor silikon yang ada pada solar cell, sehingga akan menimbulkan energi yang cukup besar yang dapat untuk memisahkan antara elektron dengan struktur atomnya.

Elektron yang terpisah dan juga memiliki muatan negatif tersebut lantas akan bergerak di daerah konduksi dari material semikonduktornya. Kemudian sebagai akibat dari atom yang kehilangan elektron tersebut, maka akan terjadi suatu kekosongan pada struktur, kekosongan itulah yang disebut sebagai hole. Hole itu akan memiliki muatan yang positif.

Lalu jika terdapat elektron bebas yang memiliki sifat negatif, maka akan itu akan berperan menjadi pendonor elektronnya, hal tersebut akan dinamai semikonduktor tipe n. Sedangkan di daerah semikonduktor yang terdapat hole dengan muatan positif akan juga bertindak sebagai penerima elektron dan disebut sebagai semikonduktor tipe-p.

Kemudian antara daerah positif dan dengan daerah negatif, atau yang dikenal juga dengan sebutan PN Junction, akan lalu muncul suatu energi yang akan mendorong elektron dan juga hole untuk bergerak menuju ke arah yang berlawanan. Elektron itu akan bergerak untuk menjauhi daerah yang bersifat negatif, karena elektron tersebut juga bermuatan negatif. Sedangkan hole lalu akan bergerak untuk menjauhi daerah positif. Pada saat ketika diberikan suatu beban yang misalnya adalah berupa lampu atau perangkat listrik yang lainnya di antara PN Junction tersebut, maka kemudian akan menimbulkan suatu arus listrik yang nantinya akan dapat dimanfaatkan.

Kelebihan dan Kekurangan Solar Cell

Solar cell itu memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut. Kelebihan dari panel surya atau solar cell adalah ramah lingkungan, dan instalasi atau pemasangannya yang cukup mudah, serta tidak memerlukan bahan bakar minyak atau bahan lainnya yang kurang ramah lingkungan, juga solar cell itu awet dan tahan lama dengan masa pakai yang cukup panjang, yakni sekitar antara dua puluh lima tahun hingga mencapai lima puluh tahun lebih. Kapasitas daya listrik yang dihasilkan juga dapat di tambah sesuai dengan perkembangan atau perubahan tingkat kebutuhan, lalu juga dari segi harga maka biaya operasional solar cell ini sangat terjangkau dan cukup murah sehingga akan lebih hemat biaya energi. Sedangkan kekurangan solar cell adalah karena biaya investasi awalnya yang masih relatif mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai prinsip kerja dan kelebihan serta kekurangan solar cell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *