Mengenal Lampu PJU Smart System dan Keunggulannya

Belum lama ini, kita sering mendengar lampu PJU led 50 watt yang sedang diterapkan di ibukota Jakarta. Lampu jalan Smart System dibuat bertujuan agar pemerintah dengan mudah memonitor dan mengontrol penerangan fasilitas umum dengan jumlah ribuan unit lampu. Lampu jalan smart system mulai diterapkan di beberapa titik di wilayah ibukota dengan tujuan meningkatkan efisiensi. Sistem ini adalah bagian dari sistem Internet of Things atau iOT yang mana konsep IoT itu sendiri ialah bisa menghubungkan benda-benda memakai internet agar nantinya bisa dikontrol dengan mudah.

Penerapan Lampu PJU Smart System

Penerapan lampu jalan dengan metode smart system itu sendiri nantinya dikendalikan lewat ruang kendali yang sebelumnya telah ditentukan pada beberapa area tertentu. Adapun gambaran tentang prinsip kerja ruang kendali tersebut, salah satu contohnya ialah ruang kendali yang terdapat di Jakarta Pusat, lebih tepatnya di Jalan Tanah Abang I, Gambir. Ruang kendali di sini memonitoring sebanyak 25.230 PJU. Pada ruang kontrol tersebut pasalnya akan dioperasikan selama 1 hari penuh atau 24 jam untuk memonitor keadaan PJU pada beberapa titik secara real time. Kemudian akan dilengkapi dengan 6 operator, yang semuanya mempunyai sistem kerja shift sehingga dapat mengisi kebutuhan hingga 24 jam.

Smart System, Bisa Mengontrol Kondisi PJU Secara Efisien

Keunggulan dari adanya sistem kendali PJu ini ialah bahwa kendali yang dilakukan dalam mematikan atau menghidupkan lampu di area yang luas membuatnya lebih efisien jika dibandingkan dioperasikan dengan cara manual. Di samping itu, ada sistem monitoring secara menyeluruh yang dapat memberitahukan operator saat ada lampu jalan yang mati akibat terjadinya kerusakan. Karenanya operator yang berada di ruang kendali langsung bisa memberikan perintah kepada para petugas yang ada di lapangan agar segera melakukan perbaikan.

Pemberitahuan atau notifikasi tersebut bisa menunjukkan area terjadinya lampu padam, nomor token dan jenis lampu. Kemudian jika lampu jalan telah selesai diperbaiki, langsung muncul notifikasi lagi bahwa lampu sudah bisa berfungsi seperti sebelumnya. Penggunaan metode smart system PJU juga bisa menghemat listrik dan biaya pemakaian karena lampu bisa dimatikan dan dinyalakan dengan tepat waktu. Selain itu, di lokasi yang tingkat aktivitasnya minim di malam hari, operator bisa menurunkan pemakaian dana dan tingkat pencahayaan.

Adapun jenis lampu yang digunakan biasanya memakai lampu LED SS yang lebih tahan lama sebab bisa tahan sampai 12 tahun lamanya. Untuk jenis daya lampu PJU sendiri disesuaikan berdasarkan kondisi jalan, contohnya untuk fasilitas jalan utama memakai daya listrik sebesar 200 watt, pada jalan lingkungan menggunakan daya 90 watt, daya sebesar 120 watt untuk jalan penghubung, dan daya listrik 40 watt biasanya digunakan di gang-gang komplek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *