Kriteria Alat Permainan Mandi Bola yang Ramah Anak dan Harga Murah

Lautan bola plastik dengan berbagai macam warna seperti hijau, kuning, biru, dan merah di arena permainan mandi bola tentu sangat menarik untuk anak-anak. Tetapi para orang tua tentu perlu mewaspadai mengenai kebersihan arena permainan mandi bola tersebut. Tidak sedikit anak yang sakit setelah mandi bola diduga karena tempatnya dianggap kurang higienis hanya karena harga alat permainan mandi bola dianggap murah. Lantas bagaimana jika si kecil ingin bermain mandi bola? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bermain mandi bola di playground agar tidak terserang penyakit.

Arena Bermain Memiliki Standar Kebersihan yang Bagus

Periksa kebersihan area bermain dan pastikan tempat tersebut memiliki standar kebersihan dan keamanan yang bagus bagi pengunjung. Bagian yang dapat Anda periksa kebersihannya antara lain adalah alas dan matras, bola-bola, dan kondisi di sekitarnya. Selain itu, pastikan para pengunjung lain juga memperhatikan kebersihan di sana. Biasanya dalam sekali pandangan, Anda sudah dapat menilai tempat tersebut cocok untuk anak Anda atau tidak

Memakai Kaos Kaki

Wahana permainan mandi bola saat ini biasanya sudah memiliki ketentuan agar anak-anak yang bermain di sana memakai kaos kaki. Kaos kaki dapat memberikan perlindungan bagi kaki si kecil yang tenggelam di bawah ratusan bola di wahana tersebut. Anda dapat membawa kaos kaki sendiri dari rumah untuk berjaga-jaga jika wahana permainan tersebut tidak menyediakan kaos kaki.

Mencuci Tangan Setelah Bermain

Setelah anak puas bermain, sebaiknya Anda jangan langsung mengajak anak pulang atau makan. Ajak si kecil untuk pergi ke toilet dulu agar mencuci tangannya. Jika lokasi toilet cukup jauh, lap tangan dan wajah si kecil menggunakan tisu basah kemudian keringkan dengan handuk kering atau tisu.

Bila perlu, mandikan si kecil atau ganti pakaian serta kaos kaki yang telah ia pakai selama bermain alat permainan mandi bola. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari bakteri menempel di tubuh si kecil. Sebenarnya, hal ini tidak hanya berlaku untuk mandi bola karena menjaga kebersihan anak adalah hal yang wajib dilakukan setelah mereka selesai bermain di playground.

Jangan Biarkan Si Kecil Tenggelam

Kecelakaan yang sering terjadi dalam bermain mandi bola adalah terjadi benturan antara 2 anak. Hal ini dapat dihindari bila si kecil tidak menenggelamkan diri terlalu dalam di antara ratusan bola serta tidak berdiri tepat di bawah perosotan di mana anak biasanya meluncur dengan kecepatan tinggi. Ketika mengetahui si kecil tenggelam sebaiknya segera tarik si kecil agar dia dapat segera berdiri.

Harga Alat Permainan Mandi Bola juga berpengaruh terhadap faktor keselamatan si keil. Biasanya permainan mandi bola yang lebih murah dikelola dengan perhatian minim sehingga faktor kebersihan kurang begitu dijaga.

Demikian beberapa tips aman untuk bermain mandi bola dan menghindari sakit setelah bermain di wahana tersebut. Usahakan untuk memilih arena permainan mandi bola yang tidak terlalu ramai untuk meminimalkan risiko kontak fisik seperti tertendang atau tertabrak karena ruang gerak yang terbatas. Selain itu, jika anak merasa kurang begitu sehat dan tiba-tiba tidak enak badan, sebaiknya Anda tidak mengajaknya bermain di playground

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *