Kelebihan dan Kekurangan Dari Berbagai Jenis Genset

Ada banyak keuntungan dan kerugian untuk berbagai jenis bahan bakar, hampir semua genset yang menggunakan bahan seperti gas, bensin, diesel, dll mempunyai keuntungan yang berbeda. Informasi berikut ini diharapkan menjadi jawaban atas pertanyaan yang mungkin ada didalam pikiran anda.

  1. Genset berbahan bakar gas
  • Memiliki keunggulan yakni, gas yang saat ini sudah mudah untuk didapatkan, terlebih lagi pemerintah Indonesia sudah menyatakan untuk mewajibkan warganya agar beralih ke LPG, atau gas tabung.

Genset berbahan bakar gas juga membutuhkan generator yang kecil sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana (Portable).

  • Kekurangan dari bahan bakar gas adalah mudah terbakar, daya kerja yang bersifat terbatas atau jangka pendek, serta harga yang mahal
  1. Genset berbahan bakar diesel atau BBM
  • Memiliki keuntungan dari segi, mendapatkan bahan bakar, kecil kemungkinan untuk terbakar, masa pakai yang panjang dari 1 liter minyak, memiliki umur panjang (dari segi perawatan yang baik), serta bisa digunakan dalam kondisi yang beragam seperti hujan, jalanan yang naik turun, ataupun medan berat lainnya, ini karena mesin genset bertenaga Diesel memang cocok untuk keperluan pertanian, industri, dan militer. Seperti Genset Yanmar 5.000 Watt.
  • Kekurangan pada genset ini adalah pada peningkatan polusi, seperti polusi udara yang dihasilkan dari pengeluaran asap dari sistem outputnya, dan polusi suara yang dihasilkan dari tenaga yang besar hasil kerja mesin diesel. Genset Diesel juga relatif boros daripada Genset lainnya.
  1. Genset berbahan bakar Biodiesel
  • Bahan bakar ini adalah alami dari minyak sayur atau dari lemak hewan. Sehingga pencemaran udara akan terhindari. Bahan bakar ini juga tidak rentan terbakar sehingga akan aman ketika digunakan.
  • Sedangkan kekurangannya yakni, memerlukan dana tambahan untuk oli, karena oli sebagai pelumas mesin genset berbahan bakar biodiesel yang fungsinya sangat vital. Selain itu juga bahan bakar biodiesel ini harganya lumayan mahal dibandingkan dengan jenis BBM biasa.
  1. Genset berbahan bakar propana
  • Propana adalah zat kimia berwujud gas, zat ini adalah hasil ekstrak dari petroleum. Bahan bakar ini memiliki keunggulan seperti, ramah lingkungan, suara yang dihasilkan hampir tidak ada, serta penggunaannya yang tergolong hemat, dan umur mesinnya pun sangat panjang.
  • Zat kimia ini memiliki kekurangan yang cukup banyak, antara lain, mudah terbakar, sistem mesin yang rumit, sehingga akan butuh waktu cukup lama untuk memperbaikinya, dan kemungkinan terbakar akan lebih tinggi jika salah satu komponen dalam mesin rusak. Propana juga memiliki harga yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *