Cara Klaim Asuransi

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang tak asing lagi di kalangan Masyarakat Indonesia. Mobil menjadi salah satu harta yang berharga sehingga tak asing lagi jika banyak orang yang menggunakan asuransi kendaraan mobilnya karena diketahui memiliki banyak manfaat asuransi mobil yang bisa dirasakan.

Namun, ada banyak orang yang masih belum tahu bagaimana prosedur untuk bisa mendapatkan jaminan dari perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Oleh karena itu, sekarang akan kita bahas mengenai beberapa cara untuk bisa melakukan prosedur klaim asuransi kendaraan yang benar. Berikut penjelasannya :

Foto Kendaraan

Yang pertama kali Anda lakukan setelah mengalami kecelakaan atau kerusakan kendaraan Anda adalah dengan mengambil gambarnya sebagai bukti yang valid. Anda harus mengambil gambar foto mobil yang rusak sedetail mungkin yaitu pada bagian-bagian yang rusak, baik yang hanya lecet saja, sampai yang rusak berat. Anda harus menyimpan baik-baik agar tidak hilang, jika sampai hilang bisa jadi Anda tidak bisa mengklaim BPJS nya,

Siapkan Dokumen Asuransi

Karena banyak sekali manfaat asuransi mobil maka tahap yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Selain foto sebagai dokumentasi maka Anda perlu menyiapkan dokumen asuransi yang mana berupa fotokopi polis asuransi, Fotokopi SIM  dan STNK, atau juga bisa menggunakan surat kepolisian jika Kendaraan Anda dalam posisi di Kantor polisi karena kendaraan dalam bentuk yang sudah rusak parah dan berat.

Datang Ke Bengkel Rekanan

Tahap yang selanjutnya adalah Anda bisa datang ke bengkel rekanan perusahaan Asuransi, sehingga pada tahap ini Anda diharuskan untuk mengetahui bengkel apa saja yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda. Jika kendaraan Anda mengalami suatu kecelakaan lebih baik langsung mencari bengkel rekanan yang sudah terdaftar.

Apabila Anda tidak pergi ke bengkel Rekanan pada saat setelah kecelakaan maka akan membuat biaya yang dibayarkan adalah ditanggung sendiri. Jadi, Anda harus mencari perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga akan mudah diperbaiki dan menjadi baru lagi.

Isi Formulir

Setelah Anda sampai di bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi maka selanjutnya Anda harus meminta formulir pendaftaran Asuransi yang biasanya sudah disediakan oleh pihak bengkel. Setelah itu Anda bisa menuliskan beberapa data diri Anda yang dibutuhkan oleh perusahaan dan lain sebagainya. Isi formulir dengan bedah dan lengkapi dengan berbagai data yang telah masuk ke Hp.

Tunggu Kabar dari Pihak Bengkel

Untuk langkah yang terakhir adalah tinggal menunggu manfaat asuransi mobil berbagai pekerjaannya, biasanya mereka mengerjakannya satu atau tidak hari saja. Hal ini berbeda jika kerusakannya sangat berat sehingga memerlukan waktu yang sangat panjang sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *