3 Jenis baja ringan yang wajib anda ketahui

Pembangunan sudah semakin marak dilakukan sehingga penggunaan beragam jenis material juga banyak dibutuhkan salah satunya baja ringan. Pada dasarnya baja ringan hampir sama dengan jenis baja pada umumnya. Kelebihan jenis dan harga besi baja ringan sangat penting untuk berbagai bentuk pembangunan. Penggunaan baja ringan pertama kali diadaptasi dari rangka besi baja ringan jepang.  

Mengenal besi baja ringan

Jenis baja ringan biasanya berbahan dasar galvalum dengan lapisan unsur karbon, zinc dan juga aluminium. Bahan-bahan ini berfungsi untuk tahan dari korosi dan pembuatannya sudah sesuai dengan standart yang ditetapkan pada International Standards Organization (ISO). Sesuai dengan namanya baja ringan, baja ini lebih tipis dan ringan tetapi kualitas sudah tidak diragukan lagi. Keberadaan jenis baja untuk kebutuhan konstruksi dengan karbon rendah. 

Minat masyarakat untuk menggunakan baja ringan juga semakin hari semakin meningkat, ini disebabkan karena harga jenis baja ringan memang sangat terjangkau. Harga baja ringan bergantung pada jenis dan ukuran baja. Untuk harga per meter sebenarnya jarang ada penjual yang menjual jenis baja ringan dengan per meter, setiap konstruktor lebih memilih untuk membeli borongan baik untuk keperluan kerja rumah pribadi atau borong proyek. Sebelum membeli, sebaiknya anda melakukan survey harga dan sesuaikan dengan budget

Jenis-jenis besi baja ringan

Fungsi baja ringan sangat ditentukan dengan berbagai macam kebutuhan seperti keperluan mebel, pagar atau bahkan baja struktural. Tiga jenis baja yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut: 

  • Baja ringan bondek 

Jenis besi baja ringan yang digunakan untuk konstruksi adalah baja ringan bondek. Jenis baja ini sangat populer di pasaran karena digunakan untuk rangka pada bangunan. Kelebihan dari baja ringan bondek lebih mudah dalam proses pemasangan dan juga pembongkarannya serta harga besi baja ringan yang terjangkau. 

  • Spandek 

Baja ringan yang kedua adalah berbahan spandek. Jenis baja ini digunakan untuk penutup bangunan dan diaplikasikan untuk dinding rumah. Umumnya dimanfaatkan untuk pembangunan rumah, industri dan sebagainya. 

Pemilihan jenis baja ringan spandek memberikan kesan keindahan dan mudah pemasangannya. Bentuk spandek berupa lembaran-lembaran. Misalnya penggunaan spandek untuk atap rumah. Ini sangat cocok karena lapisan spandek bisa menyerap panas dengan baik. 

  • Jenis truss 

Truss merupakan jenis dan harga besi baja ringan yang tidak kalah diminati oleh kebanyakan orang. Baja ringan dikenal juga dengan zincalume. Jenis truss berbahan dasar zinc. Hampir sama dengan kedua jenis baja ringan lainnya, truss sangat mudah dipasang dan tahan lama. Selain itu, jenis baja ini lebih tahan karat.  

Terdapat dua jenis baja ringan yaitu baja ringan canal C dan baja ringan reng. Ukuran baja ringan canal C lebih panjang dan tinggi dibandingkan baja ringan reng. Baja reng berbentuk trapesium dan bisa digunakan untuk atap. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *