Manfaat Kursus Online TOEFL dan Contoh Soalnya

Sering sekali pada saat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diminta untuk melampirkan skor TOEFL atau bahkan bagi Anda yang ingin melamar kerja terdapat syarat minimal skor TOEFL yang harus dicapai. Agar Anda bisa mencapai skor yang diharapkan, maka ikutlah kursus online TOEFL terlebih dahulu supaya Anda dapat mengetahui contoh-
contoh soal bahasa Inggris

Manfaat TOEFL

Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh apabila bisa mencapai skor TOEFL yang tinggi. Skor yang tinggi tidak dapat diperoleh secara instan karena Anda memerlukan kursus terlebih dahulu. Saat ini juga sudah tersedia kursus online TOEFL yang telah dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu.

Apabila Anda bisa mencapai skor yang tinggi, maka Anda bisa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dengan beasiswa, karena biasanya syarat beasiswa terdapat skor TOEFL. Kemudian Anda juga bisa diterima kerja, dan lain sebagainya.

Contoh Soal TOEFL

Contoh-contoh dari soal TOEFL sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti yang dijelaskan pada uraian di bawah ini.

  1. Reading

Reading sendiri merupakan sebuah pertanyaan tentang sebuah ide utama, detail, informasi penting, kosakata, kalimat penyisipan, tujuan retoris, dan ide-ide yang secara keseluruhan berkaitan dengan bacaan yang telah diberikan di soal.

2. Speaking

Speaking adalah sebuah sesi yang hanya terdapat di dalam jenis TOEFL IBT di mana nantinya Anda akan berbicara melalui sebuah mikrofon. Sistemnya sendiri suara Anda akan direkam supaya dapat didengarkan oleh panitia yang bertugas setelah test selesai. Terdapat dua pertanyaan dengan menggunakan topik umum, di mana Anda harus bisa untuk menceritakan dan menggambarkan terkait dengan hal-hal yang ditanyakan tersebut, misalnya saja makanan favorit Anda.

Dua pertanyaan lagi dari test tersebut adalah berupa sebuah ringkasan informasi yang diambil dari sebuah teks dan sudah dibaca sebelumnya maupun berupa sebuah percakapan yang sebelumnya sudah didengarkan. Di tahap ini jangan sekali-kali Anda menambahkan opini karena poinnya adalah untuk meringkas sebuah informasi dari sebuah TOEFL Prediction Test.

3. Listening

Terdapat 2 hingga 3 jenis percakapan singkat dan sekitar 4 hingga 6 percakapan panjang yang harus Anda perhatikan dan simak baik-baik. Sebelum menjawab pilihan ganda yang sudah tertera, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu maksud daripertanyaan yang nantinya akan diputarkan percakapannya.

4. Writing

Di tahap ini Anda akan diminta untuk menuliskan dua buah esai singkat. Yang pertama adalah Anda akan dimintai untuk menulis terkait dengan topik-topik umum. Sedangkan yang kedua berupa sebuah ringkasan informasi dari sebuah teks dan keduanya saling berhubungan.

Itulah beberapa manfaat serta contoh soal TOEFL yang bisa membuat Anda lebih tahu terkait dengan materi apa saja yang dikeluarkan di TOEFL. Untuk mendalaminya lebih lanjut, alangkah baiknya Anda kursus online TOEFL terlebih dahulu supaya mendapatkan penjelasan yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *